Sabtu, 01 Januari 2011

RPP KIMIA XI GANJIL, IKATAN KIMIA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Ikatan Kimia
Pertemuan Ke- : 5 s.d. 7
Metode : Ceramah, diskusi dan penugasan
Waktu : 6 jam pelajaran (6 x 40 menit)


I. Standar Kompetensi : Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul dan sifat-sifat senyawa
II. Kompetensi Dasar : - Menjelas-kan interaksi (gaya antarmolekul) antarmolekul dengan sifatnya
- Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul
III. Indikator :
• Menentukan bentuk molekul berdasarkan teori pasangan elektron.
• Menentukan bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi.

IV. Materi Pelajaran :
Bentuk molekul
- Bentuk molekul tergantung pada susunan ruang pasangan elektron ikatan (PEI) dan pasangan elektron bebas (PEB) atom pusat dalam molekul. Dapat dijelaskan dengan teori tolakan pasangan elektron kulit valensi atau teori VSEPR (Valence Shell Electron Pair Repultion)
- Pada molekul kovalen terdapat pasangan-pasangan elektron baik PEI maupun PEB. Karena pasangan-pasangan elektron mempunyai muatan sejenis, maka terjadi tolak-menolak antarpasangan elektron. Tolakan (PEB - PEB) > tolakan (PEB - PEI) > tolakan (PEI - PEI)
- Adanya gaya tolak-menolak menyebabkan atom-atom yang berikatan membentuk struktur ruang yang tertentu dari suatu molekul dengan demikian bentuk molekul dipengaruhi oleh banyaknya PEI maupun PEB yang dimiliki pada atom pusat.
Teori Hibridisasi
- Teori Hibridisasi adalah sebuah konsep bersatunya orbital orbital atom membentuk orbital hibrid yang baru.
- Bentuk molekul berdasarkan jenis hibridisasi :
Sp = linear
Sp2 = trigonal planar
Sp3 = tetrahedral
Sp3d = bipiramida trigonal
Sp3d2 = oktahedral

V. Strategi Pembelajaran :
1. Pendahuluan
- Motivasi : Memotivasi siswa untuk meramalkan bentuk molekul
- Prasyarat : Siswa telah mempelajari aturan oktet dan duplet dalam ikatan kovalen serta pembentukan ikatan kovalen pada molekul-molekul sederhana.

2. Kegiatan Inti
Guru :
- Menjelaskan tentang bentuk moleku berdasarkan teori pasangan elektronl, sudut ikatan dan struktur ruang molekul dengan molimod.
- Menjelaskan bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi molekul.
- Memimpin diskusi dan memberikan pertanyaan tentang bentuk molekul senyawa
Murid :
- Memperhatikan dan mengamati molimod
- Berdiskusi dan menjawab pertanyaan

3. Penutup
- Penguasaan
- Evaluasi


VI. Media Pembelajaran : Molimod
VII. Penilaian :
a. Jenis Tagihan : Kuis
b. Tindak Lanjut : - Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
- Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
- Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VIII. Sumber Bacaan : - Buku paket Kimia kelas XI
- Buku lain yang relevan
- LKS




INSTRUMEN SOAL

Dengan data berikut : 1H, 5B, 6C, 7N, 8O, 9F,15P, 16S, 17CI, 35Br
1.Manakah molekul di bawah yang berbentuk segitiga piramidal ?
A. CI2O B. H2O C. CO2 D. NH3 E. PCI5

2.Pernyataan berikut yang benar untuk PCI3
A. molekulnya mengandung ikatan hydrogen D. bentuk molekulnya segitiga datar
B. molekulnya bersifat polar. E. jenis hibridasinya SP2
C. mempunyai tipe molekul AX3E2

3. Manakah molekul di bawah ini yang mempunyai tipe molekul AX 3 E ?
A. CI2O B. H2O C. CO2 D. NH3 E. PCI5

4. Manakah pasangan molekul berikut yang mempunyai bentuk molekul yang sama ?
A. BeCI2 dan CF4
B. BCI3 dan NCI3
C. NH3 dan CCI4
D. PCI3 dan NH3
E. CO2 dan H2O

5. Suatu mulekul memiliki hibridisasi sp3d. Bentuk geometri molekul tersebut adalah …
A. linear D. octahedral
B. trigonal planar E. Bipiramida trigonal
C. tetrahedral.

JAWABAN
1. D
2. B
3. D
4. D
5. E


Mengetahui, Tangerang, 12 Juli 2010
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

RPP KIMIA XI GANJIL

content="Word.Document">

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMA

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas/Semester : XI/1

Materi Pokok : Struktur atom dan sistem periodik

Pertemuan Ke- : 3 dan 4

Metode : Ceramah, diskusi dan tanya jawab

Waktu : 4 x 40 menit

I. Standar Kompetensi : Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul dan sifat-sifat senyawa

II. Kompetensi Dasar : Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasielektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik

III. Indikator :

· Menghubungkan konfigurasi elektron suatu unsur dengan letaknya dalam sistem periodik..

IV. Materi Pelajaran :

Sistem Periodik Unsur

- Dalam sistem periodik modern unsur-unsur dikelompokkan dalam:

1. Periode, adalah lajur mendatar dalam sistem periodik unsur yang menyatakan banyaknya bilangan kuantum utama (kulit elektron) yang dimiliki oleh suatu unsur.

2. Golongan, adalah lajur vertikal dalam sistem periodik unsur yang menyatakan pengisian elektron terakhir pada suatu orbital

3. Blok, berdasarkan konfigurasi elektron atomnya, unsur-unsur dapat dikelompokkan ke dalam blok s, p, d, dan f

- Dengan menuliskan konfigurasi elektron suatu unsur, kita dapat menentukan letak sistem periodik unsur

1. Unsur golongan utama (A)

2. Unsur golongan transisi (B)

* Golongan Transisi Dalam

* Sifat Periodik Unsur

V. Strategi Pembelajaran :

1. Pendahuluan

- Motivasi : Memotivasi siswa agar mampu menghubungkan konfigurasi elektron dan letaknya dalam sistem periodik

- Prasyarat : Siswa telah mempelajari perkembangan pengelompokan unsur-unsur dari hukum Triade sampai sistem periodik modern

2. Kegiatan Inti

Guru :

- Menjelaskan tentang pengelompokan unsur-unsur ke dalam periode, golongan, dan blok dan letaknya dalam sistem periodik

- Mengetes kemampuan siswa membaca sistem periodik unsur dengan mengajukan pertanyaan

- Membimbing siswa untuk berlatih mengerjakan soal.

Murid :

- Memperhatikan penjelasan guru dengan menggunakan tabel SPU

- Menjawab pertanyaan-pertanyaan

3. Penutup

- Membuat rangkuman

- Ulangan harian

VI. Media Pembelajaran : Tabel Sistem Periodik

VII. Penilaian :

a. Jenis Tagihan : Kuis

b. Tindak Lanjut : - Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih

- Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%

- Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%

VIII. Sumber Bacaan : - Buku paket Kimia kelas XI

- Buku lain yang relevan

- LKS

INSTRUMEN SOAL

1. Pasangan unsur yang terletak pada blok p dalam sistem periodik adalah ….

a. ; d. ;

b. ; e. ;

c. ;

Informasi dibawah ini untuk menjawab pertanyaan no 2 dan 3,

Konfigurasi elektron dari 5 unsur P,Q,R,S dan T adalah sebagai berikut :

P = 1s22s22p63s1

Q = 1s22s22p63s2

R = 1s22s22p63s23p2

S = 1s22s22p63s23p64s23d10

T = 1s22s22p63s23p64s23d104p65s2

2. Pasangan unsur yang berada dalam satu golongan pada tabel periodik unsur adalah ….

a. P dan Q d. R dan S

b. Q dan R e. P dan T

c. Q dan T

3. Pasangan unsur yang berada dalam satu perioda pada table periodik unsur adalah ....

a. P dan Q d. R dan S

b. Q dan R e. P dan T

c. Q dan T

4. Unsur X nomor atomnya 30.Unsur tersebut dalam sistem periodik terletak pada ….

a. golongan IIA periode 3 d. golongan VIIA periode 4

b. golongan IIB periode 4 e. golongan IVB periode 4

c. golongan IIA periode 4

5. Konfigurasi elektron X3- : 1s22s22p63s23p64s23d104s24p6. Dalam sistem periodik, unsur X terletak pada ....

a. periode 3, golongan VI A d. periode 4, golongan V A

b. periode 3, golongan VII A e. periode 4, golongan VI B

c. periode 4, golongan IV A

JAWABAN

1. E

2. C

3. A

4. B

5. D

Mengetahui, Tangerang, 12 Juli 2010

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran